Contoh Laporan/Jurnal Hasil Prakerin Jurusan TKR

Assalamualaikum Wr/Wb
kali ini saya membagikan contoh laporan hasil prakerin jurusan tkr ada yg belum tahu apa itu tkr tkr adalah teknik kendaraan ringan atau masalah mesin mobil di sekolah smk oke di bawah ini contoh laporan prakerinnya



BUKU LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)

TANGGAL  14 FEBRUARI SAMPAI  DENGAN  30 April  2017
Laporan ini  di  ajukan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  dan Ujian Akhir  Semester  (UAS)

 












Disusun oleh :

MAIDAR
                                                            NISN.0004813757



PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
SMK NEGERI 1 TANAH LUAS
2017


LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Laporan Praktek Kerja industri dengan:
            Judul                           :Sistem Kopling
Tempat                        :Bengkel Jubir Dinamo Dan Wayer
Alamat DU/DI            :Blang Peria
Yang  telah dilaksanakan oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanah Luas dengan:
Nama                           : Maidar
KompetensiKeahlian  :Teknik Kendaraan Ringan
WaktuPrakerin            :14Februari 2017-30April 2017
Sekolah                       :SMK NEGERI 1 TanahLuas

Telah diperiksa dan disahkan sebagai laporan untuk persyaratan uji kompetensi  pada kegiatan praktek kerja industri semester genap 2017

Pembimbing Du/Di,                                                                      Pembimbing


                                               
        ZUBIR                                                                        BACHTIAR, SST

                                                                     NIP.198311112014061004


                                                            Mengetahui,                                                                                                     
Kepala SMKN 1 Tanah Luas                                                               Wakasek HUMAS



           MAHDI .ST                                                                      EKOFAISAL, S.Pd,M.Pd
NIP.197604152005041001                                                              NIP. 19800203 200701 1 001 



KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas kehadirat  Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulisan Laporan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) DI Bengkel Saudara Setia dapat terselesaikan dengan baik.
Laporan ini dapat terselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari semua pihak yang ikut membantu dalam penyelesaian laporan ini, terutama kepada :
1.      Bapak,Baktiar, SST selaku pembimbing sekolah.
2.      Bapak,Eko Faisal S.Pd, M.Pd, selaku wakasek humas.
3.      Bapak, Zubir selaku pembimbing Du/Di
4.      Bapak,Mahdi .ST selaku Kepala SMKN 1 Tanah Luas
5.      Guru-guru SMKN 1 Tanah Luas
6.      Karyawan Bengkel Jubir Dinamo dan Wayer
7.      Serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu dalam  proses penyusunan laporan ini.
Penyusunan laporan ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Akhir Semester  (UAS) tahun pelajaran 2016/2017 serta bukti bahwa telah melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin).
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran  yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat penulis harapkan. Mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.





Tanah Luas, 30 April 2017
Penyusun,


MAIDAR
NISN.0004813757

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ...............................................................................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN...................................................................................................................................       ii
KATA PENGANTAR ............................................................................................................................................       iii
DAFTAR ISI ...............................................................................................................................................................       iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang....................................................................................................................................................       1
1.2     Maksud dan Tujuan..........................................................................................................................................       1
1.3     Manfaat Kegiatan..............................................................................................................................................       2
1.4     Waktu dan Tempat Pelaksanaan……………………………………………………………………..      2
1.5     Sistemika penulisan………………………………………………………………………………….      2
1.6     Ruang Lingkup………………………………………………………………………………………      3
BAB II GAMBARAN UMUM           
2.1     Sejarah Singkat Perusahaan.............................................................................................................................       4
2.2     Bidang Usaha ....................................................................................................................................................       4
2.3     Struktur organisasi............................................................................................................................................       4

BAB III PEMBAHASAN
3.1     Penertian Sistem Kopling.................................................................................................................................       5
3.2     Fungsi Sistem Kopling......................................................................................................................................       5
3.3     Jenis-jenis Sistem Kopling...............................................................................................................................       6
3.4     Komponen Utama Kopling...............................................................................................................................       10
3.5     Cara KerjaKopling………………………..………………………………………………………….      11
3.6     Fungsi dan Cara Kerja Unit Pengoperasian Kopling…………………………………………………     13

BAB IV PENUTUP
4.1     Kesimpulan.........................................................................................................................................................       17
4.2     Saran-saran.........................................................................................................................................................       18

DAFTAR PUSTAKA 

LAMPIRAN







 BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Sesuaidengan program pendidikan tiga tahun di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ,maka siswa-siswi diwajibkan untuk melaksanakan Prakter Kerja Industri (PRAKERIN). Kegiatan ini dapat dikatakan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan siswa/i serta sikap dalam menghadapi dunia kerja yang nyata. Dengan ada nya praktek kerja industri ini siswa/i diharapkan dapat mewujudkan hakikat dari tujuan pendidikan tiga tahun, yaitu menghasilkan lulusan yang trampil, tangguh, siappakai, mandiri dan bertanggung jawab.
Dengan adanya praktek kerja industri ini siswa/i dapat mengetahui situasi dan kondisi kerja dalam bidang industri atau dunia usaha yang sebenarnya.Maka kelak jika parasiswa/i akan mencar ipekerjaan mereka sudah memiliki pengalaman kerja. Selain tujuan tersebut, praktek kerja industri ini juga memiliki latar belakang menambah materi atau keilmuan yang belum tersampaikan di sekolah.

1.2  Maksud dan Tujuan PRAKERIN
Maksud dan tujuan dalam kegiatan PRAKERIN ini adalah:
1.      Memantapkan siswa-siswi dalam pengembangan dan penerapan pelajaran dari sekolah di tempat industri.
2.      Siswa/i mampu mencari alternatif lain dalam pemecahan masalah serta lebih rinci dan mendalam.
3.      Siswa/i dapat mengumpulkan dan mengolahi nformasi yang telah diperoleeh sehingga dapat ditampilkan dalam bentuk laporan dan presentasi.
4.      Menambah koleksi pustaka di perpustakaan sekolah sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan baik bagi penulis maupun bagi pembaca.
1.3  Manfaat Kegiatan
Dari kegiatan PRAKERIN yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
1.      Dapat menambah pengalaman kerja di dalam dunia usaha.
2.      Agar siswa/i mempunyai wawasan yang lebih luas tentang dunia kerja, khususnya dunia otomotif / kendaraan bermotor.
3.      Agar siswa/i mempunyai sifat dan prilaku disiplin dalam dunia kerja.

1.4  Waktudan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan PRAKERIN ini dilaksanakan selama 3 bulan, dari tanggal 14 Februari 2017 sampai dengan tanggal 30 April 2017, dengan mengambil tempat PRAKRIN di Bengkel Saudara Setia, yang beralamat di Peunteut

1.5  Sistematika Penulisan
Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini terdiri dari 4 bab, dengan perincian atau sistematika penulisan sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini dijelaskan tentang latar belakang, maksud dantujuan praktek kerja industri, waktu dan tempat pelaksanaan PRAKRIN dan sistematika penulisan.
BAB II GAMBARAN UMUM
Dalam bab ini dijelaskan tentang sejarah institusi, struktur organisasi serta visi dan misi.
BAB III PEMBAHASAN
Dalam bab ini berisikan laporan PRAKRIN terkait dengan kegiatan yang dilakukan.
BAB IV PENUTUP
Bab ini merupakan penutup, berisi tentang kesimpulan dan saran-saran.

1.6  RuangLingkup
Adapun ruang lingkup yang dibahas dalam laporan PRAKERIN ini adalah siswa yang melaksanakan kegiatan kerja yang sesuai dengan program keahlian yang ada di sekolah pada perusahaan yang dijadikan objek PRAKERIN.Siswa dapat memilih program kecakapan/keahlian yang sesuai dengan minat untuk menguasai suatu kompetensi pilihanya, dengan syarat mendapat persetujuan dari pihak sekolah dan perusahaan.





BAB II
GAMBARAN UMUM

2.1    Sejarah Singkat Perusahaan
Bengkel Jubir Dinamo berdiri pada tanggal 12 Februai 2005 bergerak pada bidang pelayanan, jasa/bengkel dalam perbaikan/perawatan mobil.Pendiri dari Bengkel Saudara Setia sebagai kepala bengkel JUBIR

2.2    Bidang Usaha
            JUBIR DINAMO adalah bengkel yang bergerak di bidang pelayanan jasa perbengkelan, yang khusus melayani reparasi mobil seprti mobil yang penyok, duco, dan perawatan suku cadang mesin dll.

2.3    Struktur Organisasi
Adapun struktur organisasi di Bengkel Jubir Dinamo adalah sebagai berikut:
BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Pengertian Sistem Kopling
Kopling adalah satu bagian yang mutlak di perlukan pada mobil-mobil bensin, diesel dan jenis lainnya di mana penggerak utamanya di peroleh dari hasil pembakaran di dalam silinder mesin.

3.2 Fungsi Sistem Kopling
1.    Untuk memutus dan menghubungkan putaran dari dari flywheel ke poros input transmisi
2.    Untuk memperlembut perpindahan gigi (1,2,3,4,5,r)
3.    Untuk memungkinkan kendaraan tidak berjalan pada saat mesin hidup dan gigi perseneling tidak pada posisi netral.
Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah kopling adalah:
1.    Mampu menahan adanya kelebihan beban.
2.    Mengurangi getaran dari poros penggerak yang diakibatkan oleh gerakan dari elemen lain.
3.    Mampu menjamin penyambungan dua poros atau lebih.
4.    Mampu mencegah terjadinya beban kejut.
3.3 Jenis – jenis Sistem Kopling
Menurut konstruksi dan cara kerjanya ,kopling pada automobile dapat di bedakan menjadi beberapa macam antara lain:
1.                  Koplling Gesek (Fraction Clutch)
2.                  Kopling Gesek Plat Tunggal (Single Plate Clutch)
Gambar  1. Clutch Assembly

Komponen utama dari kopling gesek ini adalah sebagai berikut.
1.                  Driven plate
(Juga dikenal sebagai piringan kopling, pelat kopling atau friction disc /piringan gesek, atau kanvas kopling). Plat kopling bagian tengahnya berhubungan slip dengan poros transmisi. Sementara ujung luarnya dilapisi kampas kopling yang pemasangannya di keling.
Gambar 2. Plat kopling tunggal.

2.                  Pressure plate (plat penekan) dan  rumahnya,
Unit ini yang berfungsi untuk menekan/menjepit kampas kopling hingga terjadi perpindahan tenaga dari mesin ke poros transmisi.untuk kemampuan menjepitnya, plat tekan didukung oleh pegas kopling. Pegas kopling paling tidak ada dua macam, yaitu dalam bentuk pegas coil dan diafragma atau orang umum menyebutnya sebagai matahari.

3.                  Clutch Release Atau Throwout Bearing
Unit ini berfungsi untuk memberikan tekanan yang bersamaan pada pressure plate lever dan menghindarkan terjadinya gesekan antara pengungkit dengan pressure plate lever untuk pegas coil. Sedangkan yang pakai pegas difragma langsung keujung pegas. Bantalan tekan ini ada tiga macam.
Gambar 5. Macam-Macam Bantalan Tekan Kopling

4.                  Throwout Lever/Clutch Fork/Plate Lever
Berfungsi untuk menyalurkan tenaga pembebas kopling. Konstruksi di atas berarti plat tekan bersama rumahnya dipasang menggunakan baut pada fly wheel. Sementara plat kopling dipasang diantara fly wheel dengan pelat tekan, dan bagian tengahnya dihubungkan dengan poros transmisi dengan sistem sliding. Dengan demikian prinsip dasar bekerjanya kopling gesek dengan plat tunggal yang banyak digunakan pada kendaraan roda empat ini.
Gambar 6 .Prinsip Kerja Kopling Plat Tunggal


1.                  Kopling Gesek Plat Ganda
Kopling gesek plat ganda banyak digunakan pada kendaraan ringan seperti sepeda motor dan dalam kerjanya Tercelup di dalam oli mesin.
Konstruksi kopling gesek plat ganda menggunakan dua jenis plat, yaitu plat gesek dan plat kopling. Plat gesek tanpa lapisan kanvas, seluruhnya dari logam. Sedangkan plat kopling pada bagian yang bersentuhan dengan plat gesek dilapisi dengan kanvas pada kedua sisinya. Jumlah dan lebar plat sangat ditentukan besarnya tenaga yang akan dipindahkan.
Rangkaian kopling tersebut terdiri dari satu plat tekan yang ditekan oleh 4 sampai 6 buah pegas kopling.terdapat 4 buah plat gesek dan 4 buah plat kopling yang dijepit oleh plat tekan. Plat kopling dipasang pada rumah yang disambungkan dengan roda gigi yang berhubungan dengan transmissi. Sementara plat gesek dipasang pada dudukan plat gesek yang disambungkan dengan roda gigi    primer yang berhubungan dengan poros engkol.
Pada saat batang pembebas tidak ada tekanan, maka plat tekan menekan/menjepit plat kopling dan plat gesek secara bersama, sehingga terjadi aliran tenaga dari mesin ke roda gigi primer, ke plat gesek, pindah ke plat kopling, dan Keroda gigi yang berhubungan dengan transmisi.

2.                  Kopling Fluida
Penerusan daya dilakukan oleh fluida sehingga tidak ada hubungan antara kedua poros. Kopling Fluida sangat cocok untuk mentransmisikan putaran tinggi dan daya yang besar. Keuntungannya adalah getaran dari sisi penggerak dan tumbukan dari sisi beban tidak saling diteruskan. Demikian pula pada waktu terjadi pembebanan lebih. Penggerak mula tidak akan terkena momen yang akan melebihi  batas kemampuan.
Mobil modern kebanyakan telah menerapkan piranti yang satu ini. Biasanya piranti seperti ini dapat ditemukan pada roda kendaraan baru sehingga dalam setiap penggunaannya menjadi maksimal dan terarah.
Rem cakram menjadi salah satu sistem pengereman modern terbaik pada mobil dan ideal untuk diterapkan pada setiap mobil, terutama yang telah memakai mesin berkapasitas CC besar. Sistem kerja rem cakram adalah dengan menjepit cakram yang biasanya dipasang pada roda kendaraan melalui caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.

3.4 Komponen Utama Kopling
1.                  Roda Penerus
Selain sebagai penstabil putaran motor,roda penerus juga berfungsi sebagai dudukan hampir seluruh komponen kopling
.
2.                  Pelat Kopling
Kopling berbentuk bulat dan tipis terbuat dari plat baja berkualitaas tinggi. Kedua sisi plat kopling dilapisi dengan bahan yang memiliki koefesien gesek tinggi. Bahan gesek ini disatukan dengan plat kopling dengan menggunakan keeling (rivet).

3.                  Pelat Tekan
Pelat tekan kopling terbuat dari besi tuang.pelat tekan berbentuk bulat dan diameternya hampir sama dengan diameter plat kopling. salah satu sisinya (sisi yang berhubungan dengan plat kopling) dibuat halus, sisi ini akan menekan plat yang berhubungan dengan plat kopling) dibuat halus, sisi ini akan menekan plat dengan kebutuhan penempatan komponen kopling lainnya.

4.                  Unit Plat Penekan
Sebagai satu kesatuan dengan plat penekan, pelat penekan dilengkapi dengan sejumlah pegas spiral atau pegas diaphragma. tutup dan tuas penekan. Pegas digunakan untuk memberikan tekanan terhadap pelat tekan, pelat kopling dan roda penerus. jumlah pegas (kekuatan tekan) disesuikan dengan besar daya yang harus dipindahkan.

3.5 Cara Kerja Kopling
Prinsip dan Sistem Kerja Kopling Mekanis (Manual Clutch)- Kopling mekanis adalah kopling yang cara kerjanya diatur oleh handel kopling, dimana pembebasan dilakukan dengan cara menarik handel kopling pada batang kemudi. Kedudukan kopling ada yang terdapat pada crankshaft (poros engkol/kruk as) dan ada yang berkedudukan pada as primer (input/main shaft)
Sistem kopling mekanis terdiri atas bagian-bagian berikut yaitu a) mekanisme handel terdiri atas: handel, tali kopling (kabel kopling), tuas (batang) dan pen pendorong. b) mekanisme kopling terdiri atas (gambar 7.2): gigi primer kopling (driven gear), rumah (clutch housing), plat gesek (friction plate) plat kopling (plain plate), per (coil spring), pengikat (baut), kopling tengah (centre clutch), plat tutup atau plat penekan (pressure plate), klep penjamin dan batang penekan/pembebas (release rod).
Rumah kopling (clutch housing) ditempatkan pada poros utama (main shaft) yaitu poros yang menggerakkan semua roda gigi transmisi . Tetapi rumah kopling ini bebas terhadap poros utama, artinya bila rumah kopling berputar poros utama tidak ikut berputar. Pada bagian luar rumah kopling terdapat roda gigi (diven gear) yang berhubungan dengan roda gigi pada poros engkol sehingga bila poros engkol berputar maka rumah kopling juga ikut berputar.
Agar putaran rumah kopling dapat sampai pada poros utama maka pada poros utama dipasang hub kopling (clutch sleeve hub). Untuk menyatukan rumah kopling deng hub kopling digunakan dua tipe pelat, yaitu pelat tekan (clutch driven plate/plain plate) dan pelat gesek (clutch drive plate/friction plate). Pelat gesek dapat bebas bergerak terhadap hub kopling, tetapi tidak bebas terhadap rumah kopling. Sedangkan pelat tekan dapat bebas bergerak terhadap rumah kopling, tetapi tidak bebas pada hub kopling.



Cara kerja kopling mekanis adalah sebagai berikut:
Bila handel kopling pada batang kemudi bebas (tidak ditarik)maka pelat tekan dan pelat gesek dijepit oleh piring penekan (clutch pressure plate) dengan bantuan pegas kopling sehingga tenaga putar dari poros engkol sampai pada roda belakang.
Sedangkan bila handel kopling pada batang kemudi ditarik maka kawat kopling akan menarik alat pembebas kopling. Alat pembebas kopling ini akan menekan batang tekan (pushrod) atau release rod yang ditempatkan di dalam poros utama. Pushrod akan mendorong piring penekan ke arah berlawanan dengan arah gaya pegas kopling. Akibatnya pelat gesek dan pelat tekan akan saling merenggang dan putaran rumah kopling tidak diteruskan pada poros utama, atau hanya memutarkan rumah kopling dan pelat geseknya saja.



3.Fungsi Dan Cara Kerja Komponen Pengoperasian Unit Kopling
1.      Konsep Dasar Fungsi Dan Kerja Komponen Pengoperasian Unit Kopling
Seperti telah dijelaskan kopling berfungsi untuk memutus dan menghubungkan penyaluran tenaga mesin ke roda penggerak. Untuk mengoperasikan fungsi tersebut, pada kendaraan ada dua macam yaitu sistem mekanik dan sistem hidrolik. Sistem mekanik untuk memindahkan tenaga kaki melalui pedal kopling disalurkan kabel baja ke pengungkit (throwout lever). Sementara pengoperasian sistem hidolik tenaga disalurkan melalui minyak rem yang dirangkai sedemikkian rupa sehingga dapat mengoperasikan kopling.
.  
2. Pengoperasian unit kopling sistem mekanik menggunakan kabel baja yang menghubungkan pedal kopling dengan tuas pembebas kopling.
 Saat pedal kopling diinjak, maka akan menarik kabel kopling yang diteruskan dengan menggerakan tuas pembebas kearah menekan pegas kopling. Sehingga plat kopling bebas tak terjepit oleh plat tekan. Saat pedal dilepas, maka pedal kopling akan dikembalikan pada posisi semula oleh pegas pengendali pedal (8). Sementara tuas kopling akan kembali pada posisi semula oleh pegas diafragma. Sistem yang kedua adalah pengoperasian secara hidrolis.

3. Pengoperasian kopling sistem hidrolis ini memanfaatkan tekanan hidrolis minyak.
 Pedal kopling dalam hal ini berfungsi untuk menekan minyak yang  ada pada master silinder dan selanjutnya disalurkan kesilinder kopling.  Tekanan minyak selanjutnya mendorong tuas  pembebas dan bantalan tekan menekan pegas diafragma. Proses ini menyebabkan kopling memutuskan hubungan antara mesin dengan sistem pemindah tenaga. Posisi saat pedal kopling dilepas, pedal akan dikembalikan keposisi semula oleh pegas pengembali. Sementara plunger master silinder akan kembali  oleh pegas plunger yang ada di dalam master silinder. Karena tekanan sudah tidak ada, plunger dan tuas pembebas akan dikembalikan keposisi semula oleh pegas pengembali dan pegas diafragma.
Konstruksi master silinder dalam gambar tersebut, penampung minyak hidrolisnya (reservoir) terpisah dan dihubungkan menggunakan pipa elastis. Minyak hidrolis dari reservoir melalui pipa ke master silinder melalui saluran penghubung (pipe joint). Pada saat handel kopling diinjak, tenaganya dipindahkan ke push rod dan mendorong unit plunyer bergerak kearah kiri. Gerakan ini melawan pegas pengembaali plunger (return spring) dan menekan minyak hidrolis keluar dari master silinder melalui ujung sebelah kiri, masuk ke pipa penghubung menuju Ke silinder kopling.
Karena sesuatu penyebab, jumlah minyak hidrolis tentu akan berkurang khususnya karena kebocoran atau katup check kotor atau macet. Untuk menjaga agar minyak hidrolis dalam sistem tetap jumlahnya, maka perlu penambahan. Penambahan minyak hidrolis ini diambil dari minyak persediaan direservoir. Caranya, saat unit plunger bergerak kekanan saat pedal kopling dilepas, maka minyak dari reservoir akan masuk kesistem melalui katup check ( check valve ).
Dengan demikian minyak hidrolis pada sistem akan tetap terjaga kuantitasnya. Berkurangnya minyak hidrolis dalam sistem operasional kopling hidrolis akan menyebabkan langkah tekan pedal kopling berkurang, atau kemungkinan gerakan pedal tidak tersalurkan hingga ke tuas pembebas kopling. Bila ini terjadi maka fungsi kopling tidak dapat dilaksanakan, berarti proses pemutusan hubungan tenaga dari mesin ke sistem pemindah tenaga tidak dapat dilaksanak an, dan tenaga mesin akan selalu terhubung tidak dapat diputuskan oleh kopling.
Silinder kopling  kopling berfungsi merubah tenaga hidrolis pengoperasian kopling menjadi tenaga mekanik, untuk mendorong tuas pembebas kopling. Tekanan minyak hidrolis dari master silinder diteruskan melalui pipa dan masuk ke silinder kopling (dari ujung sebelah kanan) mendorong piston silinder kopling dan diteruskan ketuas pembebas kopling melalui push rod .

Pada silinder kopling dilengkapi dengan baut bleeding ( bleeder plug ) yang berfungsi untuk mengeluarkan udara dari sistem hidrolis. Seperti diketahui bila sistem hidrolis kemasukan udara, maka sistem akan terganggu  kerjanya. Hal ini karena saat terjadi penekanan, maka tekanan tersebut mengkompresikan udara tersebut baru menekan minyak. Bila jumlah udaranya banyak maka terjadi penekanan dari master silinder, namun piston silnder kopling tidak bergerak. Oleh karena itu udara harus dikeluarkan dari sistem hidrolis. Pada silinder kopling juga dilengkapi dengan boot, yaitu karet penutup yang elastis untuk mencegah kotoran masuk kesilinder kopling. Karet penutup ini sangat penting mengingat posisi silinder kopling berada dibawah kendaraan, yang tentunya sangat banyak berbagai kotoran dapat mengenainya. Kotoran tentu akan menyebabkan kerusakan, bila sampai masuk kesilinder kopling. Sistem pengoperasian kopling untuk kendaraan berat seperti bus, truk, atau alat berat lainnya,  sering dilengkapi dengan boster. Boster adalah unit perlengkapan yang dipergunakan untuk meringankan tenaga untuk mengoperasikan kopling. Perlengkapan ini dioperasikan menggunakan kevacuman, pada mesin diesel biasanya diambil dari pompa vacum yang dipasang pada sisi belakang alternator.
BAB IV
PENUTUP

4.1    Kesimpulan
Kegiatan Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara bekerja dilapangan sesuai keahlian masing-masing siswa. Sehingga siswa dapat melihat gambaran mengenai kagiatan bidang usaha dimasa yang akan datang, serta siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan peluang kerja dan kesempatan kerja.
Dalam dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik, instansi-instansi biasanya memerlukan karyawan yang disiplin, terampil, rajin dan cerdas.
Pada praktek kerja Industri ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama penulis melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri), penulis merasa bangga bisa mendapatkan Ilmu yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak pengalaman.
Tujuan lain Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah menambah wawasan yang luas bagi siswa dan siswi, terutama dalam bidang yang di tempatinya. Adapula tempat yang disukai yakni diruangan pemilahan arsip, penulis bisa belajar dan dapat mengetahui yang belum penulis dapatkan selama ini, terutama pengetahuan tentang berbagai arsip yang tersedia.
Praktek Kerja Industri telah terlaksana dengan baik, dengan program keahlian masing-masing tanpa halangan apapun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada yang telah bersedia menerima penulis apa adanya untuk melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri) dan bersedia mendampingi penulis selama Prakerin berlangsung

4.2    Saran – saran
Dalam penyusunan laporan ini penulis memberikan beberapa saran sebagai berikut :
1.        Saat membongkar mesin perhatikan di mana letak baut – baut dan jangan sampai tertukar.
2.        Selalu gunakan peralatan kerja seperti sepatu safety, sarung tangan, helm keselamatan kerja, dan kotak P3K.
3.        Saat membersihkan komponen jangan sampai kotoran atau plak – plak masuk kelobang baut.










DAFTAR PUSTAKA:














LAMPIRAN


IDENTITAS SISWA

1
NAMA
MAIDAR
2
TEMPAT/TGL. LAHIR
LEUHONG , 27-02-2000
3
JENIS KELAMIN
LAKI-LAKI
4
GOLONGAN DARAH
-
5
NISN

6
SEKOLAH
SMK NEGERI 1 TANAH LUAS
7
ALAMAT
LEUHONG
8
NO. TELP / HP
-
9
CATATAN KESEHATAN
INSYA ALLAH BAIK
10
NO POLISI AURANSI
-
11
ALAMAT ORANG TUA
LEUHONG
12
NO. TELP ORANG TUA
-


        Tanah Luas, 30 April 2017
                   PembimbingSekolah




                                                                                                         BACHTIAR, SST
                                                                                            NIP.198311112014061004



IDENTITAS DUNIA USAHA/INDUSTRI

1
NAMA PERUSAHAAN
BENGKEL JUBIR DINAMO & WAYER
2
JENIS USAHA / BIDANG PEKERJAAN
BENGKEL
3
ALAMAT
BLANG PEURIA
4
NO. TELP / FAX
-
5
NAMA DIREKTUR / PEMIMPIN
ZUBIR
6
NAMA PEMBIMBING DU/DI
ZUBIR
7
NAMA PEMBIMBING LPGN
ZUBIR

     30 April 2017
Pembimbing DU/DI





                                                                                                         ZUBIR


SIKAP PELAKSANAAN PEKERJAAN
DI DUNIA USAHA/INDUSTRI


KOMPETENSI PENILAIAN





A
B
C
D
E
1
2
3
4
5
6
7
1
DISIPLIN WAKTU





2
KEMAUAN BEKERJA





3
KUALITAS KERJA





4
PERILAKU





5
INISIATIF DAN KREATIF





KOMENTAR PEMBIMBING






Catatan :                                                                             Pembimbing Lapangan
A.     Sangat Baik
B.     Baik
C.     Cukup
D.    Kurang                                                               (         ZUBIR        )
E.     Sangat Kurang


SMK NEGERI 1 TANAH LUAS
Jl. Exxon Mobil A-1 landing Rayeuk Meunye tanah Luas
Telp& Fax (0645) 86328
Post 24385


PROSEDUR INTI

LOG BOOK
Jurnal Kegiatan Siswa
NamaSiswa
: Maidar
NomorIndukSiswa NISN
: 0004813757
Program Keahlian
: Tekhnik kendaraan Ringan
Bulan
: Februari
No.
Hari/ Tanggal
Uraian Kegiatan
Tanda Tangan Pembimbing
1
·         Rabu (15-02-2017)
-          Perkenalan ligkunngan kerja
2
·         Kamis (16-02-2017)
-          Cuci Dinamo
3
·         Jum’at (17-02-2017)
-          Ganti Oli
4
·         Sabtu (18-02-2017)
-          Ganti Sepatu Rem
5
·         Minggu (19-02-2017)
-          Libur
6
·         Senin (20-02-2017)
-          Menganti Plat Kopling
7
·         Selasa (21-02-2017)
-          Ganti Bola LampuSen
8
·         Rabu (22-02-2017
-          Melepas kopling
9
·         Kamis (23-02-2017)
-          Melepaskan Dinamo Cas
10
·         Jum’at (24-02-2017)
-          Membongkar tranmisi Phanter
11
·         Sabtu (25-02-2017)
-          Melepas dan Memasang ban
12
·         Minggu (26-02-2017)
-          Libur
13
·         Senin (27-02-2017)
-          Cuci Dinamo Cas
14
·         Selasa (28-02-2017)
-          Mengganti As Kupu-kupu







Pembimbing Lapangan                 Pembimbing Sekolah                   Siswa Prakerin




            ZUBIR                                 BACHTIAR, SST                            MAIDAR
                                                   NIP.198311112014061004























LOG BOOK


Jurnal Kegiatan Siswa




NamaSiswa
: Maidar


NomorIndukSiswa NISN
: 0004813757


Program Keahlian
: Teknik Kendaraan Ringan


Bulan
: Maret




No.
Hari/ Tanggal
Uraian Kegiatan
Tanda Tangan Pembimbing
1
·         Rabu (01-03-2017)
-          Membongkar Mesin
2
·         Kamis (02-03-2017)
-          Mengecek Busi
-          GantiBusi
3
·         Jum’at (03-03-2017)
-          Cuci AC Mobil
4
·         Sabtu (04-03-2017)
-          Ganti Oli
5
·         Minggu (05-03-2017)
-          Libur
6
·         Senin (06-03-2017)
-          Mengganti CO Gardham
7
·         Selasa (07-03-2017)
-          Mengganti Sepatu Rem
8
·         Rabu (08-03-2017
-          Mengecek Kondisi Sepatu Rem
9
·         Kamis (09-03-2017)
-          Melepas dan memasang ban
-          Mengganti sieal
10
·         Jum’at (10-03-2017)
-          Melepas dan mengganti ban
-          Mengganti per daun
11
·         Sabtu (11-03-2017)
-          Memperbaiki pom
-          Mengganti sieal
12
·         Minggu (12-03-2017)
-          libur
13
·         Senin (13-03-2017)
-          Mengganti CO
14
·         Selasa (14-03-2017)
-          Ganti oli
15
·         Rabu (15-03-2017)
-          Mngganti air radiator
16
·         Kamis (16-03-2017)
-          Mengganti batre
-          Menambah air batre
17
·         Jum’at (17-03-2017)
-          Mengganti ban
18
·         Sabtu (18-03-2017)
-          Mengganti Kopling
19
·         Minggu (19-03-2017)
-          Libur
20
·         Senin (20-03-2017)
-          Mengganti Sepatu Rem
21
·         Selasa (21-03-2017)
-          CuciBusi
22
·         Rabu (22-03-2017)
-          Melepas kopling
23
·         Kamis (23-03-2017)
-          GantiOli
24
·         Jum’at (24-03-2017)
-          Membongkar tranmisi Phanter
25
·         Sabtu (25-03-2017)
-          CuciDinamo
26
·         Minggu (26-03-2017)
-          Libur
27
·         Senin (27-03-2017)
-          MelepasKopling
28
·         Selasa (28-03-2017)
-          Mengganti Air Batre
29
·         Rabu (29-03-2017)
-          Mengganti Air Radiator

30
·         Kamis (30-03-2017)
-          Memasang transmisi

31
·         Jum’at (31-03-2017)
-          Mengecek Kondisi Tapak Sepatu Rem




Pembimbing Lapangan                 Pembimbing Sekolah                   Siswa Prakerin




         ZUBIR                                     BACHTIAR, SST                            MAIDAR
   NIP.198311112014061004




LOG BOOK
Jurnal Kegiatan Siswa
NamaSiswa
: Maidar
NomorIndukSiswa NISN
: 0004813757
Program Keahlian
: Teknik Kendaraan Ringan
Bulan
:April
No.
Hari/ Tanggal
UraianKegiatan
Tanda Tangan Pembimbing
1
·         Sabtu  (01-04-2017)
-          Membuka Dinamo Cas
2
·         Minggu (02-04-2017)
-          Libur
3
·         Senin (03-04-2017
-          Memperbaiki Wayer Lampu
4
·         Selasa (04-04-017)
-          Mengganti Oli
5
·         Rabu (05-04-2017)
-          Menambah Air Radiator
6
·         Kamis  (06-04-2017)
-          Mengganti Busi
7
·         Jum’at (07-04-2017)
-          Mencuci Dinamo Cas
8
·         Sabtu (08-04-2017)
-          Mengganti Air Batre
9
·         Minggu (09-04-2017)
-          libur
10
·         Senin (10-04-2017)
-          Mengganti bola lampu
11
·         Selasa  (11-04-2017)
-          Melepas transmisi / kopling
12
·         Rabu (12-04-2017)
-          Memasang  kopling
13
·         Kamis (13-04-2017)
-          Membongakar Mesin
14
·         Jum’at (14-04-2017)
-          Melepas Ban
15
·         Sabtu (15-04-2017)
-          Memperbaiki Sepatu Rem
16
·         Minggu (16-04-2017)
-          Libur
17
·         Senin (17-04-2017)
-          Memasang Mesin
18
·         Selasa (18-04-2017)
-          Ganti Oli
19
·         Rabu (19-04-2017)
-          Ganti Sepatu Rem
20
·         Kamis (20-04-2017)
-          Melepas kopling
21
·         Jum’at (21-04-2017)
-          Membongkar tranmisi
22
·         Sabtu (22-04-2017)
-          Mengganti Oli
23
·         Minggu (23-04-2017)
-          Libur
24
·         Senin (24-04-2017)
-          Cuci dinamo
25
·         Selasa (25-04-2017)
-          Menngganti lampu
26
·         Rabu (26-04-2017)
-          Mengganti plat kopling
27
·         Kamis (27-04-2017)
-          Memasang transmisi
28
·         Jum’at (28-04-2017)
-          Mengganti air batre
29
·         Sabtu (29-04-2017)
-          Memasang Batre

30
·         Minggu (30-04-2017)
-          Libur







Pembimbing Lapangan                 Pembimbing Sekolah                   Siswa Prakerin




         ZUBIR                                     BACHTIAR, SST                            MAIDAR
                                                   NIP.198311112014061004










Komentar

  1. The Ultimate Guide to Casino Games in Arizona
    You can legally play video poker in 전주 출장샵 Arizona's casinos. A $10 free play 화성 출장샵 no deposit bonus will allow players to 김천 출장안마 earn real money by Do you want to play free slots without a deposit?Does The 태백 출장안마 Casino have free 사천 출장샵 spins?

    BalasHapus

Posting Komentar